Senin, 24 Desember 2012

Indonesia itu UNIK !!!


Tanggal 23 Desember kemarin, aku memutuskan untuk pulang ke kampong halaman terlebih dahulu sebelum perang otak yang ditunggu selama kurang lebih tujuh minggu kemarin.
Tak terasa ternyata jika aku menghitung dengan seksama, aku sudah tak pulang selama empat bulan. Tak salah sebenarnya, jika aku bandingkan dengan temanku yang sering pulang atau bahkan yang tak pernah pulang.
Jam 7 pagi aku sudah bersiap dengan tas ransel dan satu jinjingan. Tak lupa memakai sweater yang kata abang warung pengkolan disebut sweater distro, hehe padahal ya, ini sweater IPB hehe :3
Sampai di terminal (tanpa menceritakan perjalanan dari kampus ke terminal, karena ternyata aman lancer ga macet kaya biasanya) seperti biasa ya, terminal itu ricuh, riweh, rame, banyak orang dan kadang bau rokok L i hate bau rokok. Aku langsung mencari bus jurusan Bogor-Kuningan. Biasanya kalo ga Rimar, Sahara, yang penting PO nya Luragung Jaya. Alhamdulillah busnya belum berangkat, aku dapet bus Sahara, tapi oalaaaaah aku kebagian yang berangkat jam 9 pagi, padahal aku sampai ke terminal ini sekitar jam 7.20 pagi, jadi aku harus nunggu nih..ckckc -__-
Yasudahlah tak apa-apa nunggu bentar, sembari nunggu aku sarapan dulu aja deeh, tadi pagi aku bawa bekal makan, nasi merah, rolade sama oreg tempe, galupa gorengan tempe, suedaaaaaap mantaaaap :3 selama makan dan sembari nunggu bus berangkat, aku perhatiin semua yang ada disekitarku. Dari mulai bapak bapak pedagang asongan, bapak-bapak pedagang gorengan, bapak-bapak penumpang yang ngobrol sama pedagang gorengan, ibu-ibu yang nyari tempat duduk buat beliau dan anaknya duduk, tukang parkir diluar bus, ibu-ibu warung di sebelah bus, dan banyak lagi.
Tiba-tiba ada pengamen masuk, yang satu bawa gitar yang satu bawa gendang ketipung atau apa gitu namanya.. suaranya bagus kaya cakra khan sayangnya udah agak tua hehe. Aku sengaja duduk sebelah jendela yang bisa dibuka, selain pojokan, biar tetep seger gitu..haha
Akhirnya sekian lama menunggu bus berangkat juga. Untung aku dapet teman seperjalanan dua gadis seumuranku juga. Emh, tapi aku lagi males ngomong jadi biar aja dah, aku langsung pake masket dan bersiap tidur. Eh, tapi sebelum tidur aku mau baca quran dulu biar selamaet sampai tujuan. Lanjut baca buku yang aku pinjem dari perpus, tapi mata udah kagak nahan ngantuk beuuud. Akhirnya aku tidur.
Ditengah perjalanan, wuuuuahhh ternyata masih lamaa, aku terbangun dengan suara bising dari pedagang minuman yang banyak menawarkan merk-merk minuman ternama “mijon-mijon, qua-qua-qua, larutannya neng, bu, pa, yang dingin yang dingin bikola juga ada panta sprit, mijon-mijon-mijon”. Logatnya lucu sih kalo kalian denger, jawa ngga, sunda ngga, batak apalagi hehe, tapi apa temen-temen pernah menghitung? Berapa banyak loga bahasa yang digunakan orang Indonesia?. Nih ya, di bus itu ada berbagai orang dari berbagai daerah di sepanjang jalur pantura. Meskipun satu daerah, kadang logatnya beda.
Di kuningan aja bisa nyampe puluhan logat, meskipun samasama satu bahasa sunda. Bayangin kalo kita hitung, misalkan ada rata-rata 10 logat saja ditiap daerah kabupaten ya, kali ada berapa kabupaten di satu propinsi kali 33 propinsi di Indonesia, berapa hasilnya?. Wooooooww buanyaaaaak hehe dari bahasa saja sudah banyak bangeeeet keunikannya. Aku bangga deh jadi anak Indonesia. Lindungi aku dan negeriku ini ya Allah :3
Wah perjalanan yang membuka kembali pikiranku untuk tetap belajar bersyukur..
Sebenarnya perjalananku belun selesai, ada lagi yang membuatku mengatakan bahwa Indonesia itu warganya unik. Salah satunya adalah pedagang sandal terapi, tau ga? Tiap aku pulang pasti abang itu selalu menawarkan sandal terapinya, sampai aku hapal muka abangnya dan hapal kalimat abangnya yang selalu menawarkan sandal itgu “....yah ini adalah sandal terapi, perlu anda tau bahwa ada 33 titik syaraf di telapak kali anda dan sandal ini akann membantu anda melancarkan peredaran darah, sandal ini lentur ya, tidak akan melukai kai ( sambil abangnya melintirin sendalnya) sandal ini awet karena terbuat dari karet elastic Cuma limabelas ribuan bisa diliat dulu ya, ukurannya ada 38-40, yang berminat silakan dilihat dan dicoba...” yah begitulah abangnya beraksi, aku sih Cuma mau bilang salut ke abangnya, abangnya pekerja keras dong, naikturun bus tiap hari buat menjajakan dagangannya, kan keren tuh, jadi spicles huhu
Adalagi nih yang ga habis pikir, dan sebenernya ga pernah kepikiran sama aku ya, ada pemuda yang puisi orasi buat dapet uang, biasanya kan ngamen yah, tapi ini puisi orasi atau baca puisi atau apalah namanya yang jelas isi omongannya tuh kaya lagu anak jalanan yang biasa dinyanyiin pengamen gitu..intinya sih bilang kalo tanah kita tanah yang subur, tapi buat nyari makan aja susah, banyak orang miskin dan blablabla, bilang pemerintah ginilah gitu lah, haduuuuh udah kaya mahasiswa lagi demo -_________- yah tapi begitulah kreatifitas anak negeri. Yang penting menurut mereka bisa dapet uang buat makan. Okelah, aku hanya bisa ngucap syukur sebanyakbanyaknya sampe menuju tak hingga, karena aku masih dikasih kemudahan untuk mencari ilmu, dapet keluarga yang cukup dalam mencukupi kebutuhan, bisa beribadah sebaik mungkin..alhamdulillah pokonya :3
Terimakasih Ya Allah atas hidupku ini..
Semoga semua orang yang ada di negeri ini Kau lindungi dan Kau berikan apa yang mereka butuhkan, aaaamiiiin..
Semangat ya buat semuanya, Allah selalu ada bersama kita :3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar