Minggu, 14 Februari 2016

Jam Biologis VS Jam Kerja

Jam Biologis apa sih?
klo Jam Kerja apa?

gini loh, jadi..
kita sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna mempunyai aturan-aturan hidup yang harus kita sesuaikan. contoh kecilnya adalah waktu siang kita untuk beraktifitas dan waktu malam kita untuk beristirahat. itu hanya contoh kecilnya saja. contoh besarnya, kita memiliki waktu yang sudah terjadwal secara medis. dan pada dasarnya kebiasaan ini sudah tertulis di Al Quran dan Al Hadist. seperti yang dijelaskan pada gambar berikut :
repost by : http://www.kompasiana.com/dhave/hidup-sehat-dengan-jam-biologis_54f3a321745513902b6c7b5d

ngerti dong maksudnya ?

iya pasti ngerti ya..

nah sedangkan jam kerja maksudnya apa?

jam kerja adalah jam yang biasa ditentukan perusahaan dalam mempekerjakan perusahaannya. biasanya dibagi dalam 4 shift, karena dalam perusahaan minimal harus 8 jam kerja plus 2 jam lembur. pembagiannya kurang lebih seperti ini :


dari perbandingan tersebut bisa kita lihat adanya ketimpangan dalam hal istirahat. jika ada seseorang mendapatkan jam kerja shift 4 maka berbanding terbalik dengan kebutuhan biologisnya. harusnya jam yang tertera di shift 4 adalah jam tidur atau jam istirahat.

ketimpangan ini lah yang akan mengakibatkan efek buruk pada kesehatan sehingga kecenderungan pekerja malam mengalami sakitsakitan.

andai perusahaan bisa melakukan hal yang sejalan dengan jam biologis alangkah lebih enak ke badan ya. dan alhamdulillah kerjaan saya sesuai sama jam biologis kok hehe semangaaaaat ya yang jam kerjanya belum sesuai dengan jam biologis. semoga bisa mengatur jam istirahatnya dengan sebaik mungkin. jadi ga sakit sakitan deh :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar