Jumat, 03 April 2015

lima tahun Kiki Rizki Romadhoniyah

Tepat lima tahun yang lalu, aku duduk di kursi kelas menjadi salah satu peserta ujian nasional. Tepat lima tahun yang lalu, banyak mimpi yang ingin diwujudkan. Banyak asa yang ingin diraih dan tak sedikit harapan dilambungkan demi menggapai cita. Sudah lima tahun yang lalu, impian yang dijadikan bahan diskusi dengan teman-temanku ku kejar. Entah impianku itu, atau alasan lain atau memang takdir yang telah membawaku kesini. Bogor. Kota hujan yang berjarak enam jam dari tempat asalku berada. Jauh memang, tapi sudah sejak lima tahun yang lalu aku perjuangkan hidupku di kota ini. banyak hal yang diluar harapanku ketika ku injakkan kaki di kota ini. banyak pengalaman baik maupun buruk yang telah kudapat dari kota ini. banyak orang yang ku kenal di kota ini. orang baik bahkan orang jahat sekalipun.

Aku harus bersyukur telah datang kesini. Disinilah awal citaku bisa ku rengkuh. Banyak pengalaman yang secara otomatis terputar jelas di dalam isi pikiranku. Bagai memutarkan sebuah film dengan penuh episode yang bahagia, sedih, haru bahkan marah. Tak bisa kuulang waktu. Kuhanya bisa terus belajar dan bersyukur dari apa yang kudapatkan selama lima tahun terakhir ini.

Sudah lima tahun, meninggalkan kota kelahiran tercinta, teman tercinta bahkan keluarga tercinta. Banyak perkenalan yang tak diduga bisa terjadi. Banyak pengalaman aneh yang telah terjadi. Semuanya bagai skenario indah yang telah  Allah rancang untukku. Bertemu keluarga besar matematika angkatan 47, bersahabat dengan tiga orang antah berantah yang ditempatkan dalam satu kamar kecil bertuliskan 310 di lorong tiga asrama a3, bertemu dengan keluarga b09-b10 saat tingkat persiapan bersama, bercerita indah di pondok adinda yang sekarang jadi rumah kedua meskipun tak lagi tinggal disana, banyak teman sepanitia atau bahkan seorganisasi yang tak bisa ku sebut satu persatu karna banyak sekali, banyak kakak tingkat yang jadi kakak kesayangan, adik tingkat yang jadi adik kesayangan, best friend for ever buat mate 47 yang gokil gila khususnya risma, ale, leni, dan banyak lagi yang lain. Sampai akhirnya aku terdampar disini, menjadi keluarga besar smk wikrama bogor dan menjadi salah satu pengajar matematika di sekolah go green ini. bertemu keluarga bu neneng yang sekarang rasanya jadi ibu kedua yang bisa diajak masak, bisa diajak makan makanan hasil masakan dan berbincang banyak tentang makna kehidupan. Bertemu keluarga team matematika smk wikrama menjadi hal yang paling istimewa, membicarakan topik yang sama setiap hari tidak membuat kami bosan satu sama lainnya.

Sudah  lima tahun yang lalu aku tinggal disini, di kota yang selalu membuatku bersin dipagi hari. Aku merasa lima tahun ini sangan penuh liku, ada kegelapan dan ada kecemerlangan yang telah aku dapat. Aku bukan seseorang yang mudah menyerah. Aku ingin mendapatkan apa yang aku inginkan. Aku harus bertahan disini untuk terus mendapatkan apa yang aku mau.

Lima tahun kedepan mungkin aku masih disini, tinggal bersama keluarga kecil bahagia, memanggil seseorang dengan panggilan kesayangan Mas, Aa, Abang, Bapak, Ayah, Abi atau mungkin Papih, menggendong buah hati yang bisa meredakan rasa lelah sepulang kerja atau tinggal bahagia dengan mertua. Bisa saja terjadi. Kemungkinan lainnya aku kembali ke kota kelahiranku tercinta, menikmati ayam goreng spesial buatan mamah yang tidak ada duanya mencari nafkah dan membuat keluarga kecil di sebuah kota kecil. Itu juga bisa terjadi.

Lima tahun yang akan datang masih sebuah misteri. Menunggu aku datang menjemputnya. Menunggu aku datang dan merengkuhnya. Yang kutahu lima tahun yang lalu, lima tahun yang telah terlewati atau lima tahun yang akan datang adalah sebuah nasib yang aku tentukan sendiri. Sebuah nasib yang ku buat sendiri. Jika aku menanam yang baik lima tahun ini, aku yakin akan mendapatkan lima tahun yang cemerlang dimasa depan. Aku harus yakin dengan itu.


Lima tahun yang akan datang… tunggulah aku datang menjemputmu dengan doa dan ridho dari orang tua dan Allah SWT tentunya.. insyaAllah jika ada umur akan kutuliskan kembali limatahun yang akan datang itu.aaaamiiin J

2 komentar: