Sabtu, 26 Maret 2016

OPPORTUNITY COST dan WILLINGNESS TO PAY

Dulu sempat posting soal OPPORTUNITY COST, istilah tersebut diambil dari istilah ekonomi. Pengertian umumnya OPPORTUNITY COST adalah biaya peluang, biaya kesempatan atau kadang suka disebut sebagai biaya pengorbanan. Seddangkan kemauan atau usaha dalam mendapatkan sesuatu atau kesediaan mengorbankan sesuatu disebut WILLINGNESS TO PAY

Pengorbanan yang dimaksud ini adalah pengorbanan dalam memilih sesuatu. Di kehidupan kita sehari-hari, istilah ini biasa digunakan meskipun istilahnya sendiri jarang didengar.
Contohnya saat kita memilih untuk mengisi waktu weekend. Kita ingin jalan-jalan karena waktu weekend cocok untuk liburan. Disisi lain, cucian banyak karena tidak sempat mencuci di hari kerja. Keadaan seperti ini muncul dan harus dipilih untuk mau mengerjakan yang mana dulu. Jika memilih mencuci baju maka waktu liburan untuk jalan-jalannya telah dikorbankan. Jika memilih untuk jalan-jalan maka cucian kotor yang telah dikorbankan demi memenuhi keinginan berjalan-jalan.

Contoh lain saat kalian mungkin sedang berusaha mendapatkan perhatian seseorang. Biasanya kalian mengisi waktu kosong untuk bermain game atau melakukan hobi yang lain, karena sedang berusaha mendapatkan perhatian seseorang waktu kosong kalian untuk bermain game dikorbankan demi mengajak makan atau mungkin mengajak pergi seseorang tersebut. Waktu untuk bermain game disini adalah biaya yang dikorbankan demi mendapatkan perhatian seseorang.

Waktu yang dikorbankan disebut OPPORTUNITY COST, sedangkan kesediaan untuk mengorbankan waktu disebut WILLINGNESS TO PAY.


Hati-hati memilih untuk mengorbankan sesuatu, karena akan ada yang dibayar pada saat bersedia mengorbankan sesuatu tersebut. Salah satunya yang mungkin dirasakan pada saat bersedia mengorbankan sesuatu adalah KEHILANGAN.